Lidah orang berakal di belakang hatinya, dan hati orang bodoh di belakang lidahnya. ketahuilah lidah laksana seekor binatang buas. jika kalian lepaskan pasti dia akan membunuh.


mawlawiyah

Minggu, 16 Oktober 2011

Prospek SMK pertanian untuk masa depan bangsa


Pendidikan dipandang sebagai hal yang paling pokok dalam hidup ini yang sekaligus keberhasilannya menjadi kunci dasar dalam membuka pintu kebijakan manusia. Karena pendidikan merupakan proses menggali dan mengasah potensi diri yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hidup. Ketika seseorang sudah berkecimpung di dunia pendidikan, maka outputnya di dunia kerja nantinya akan maksimal dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia akan terjamin. Keberhasilan di dunia pendidikan juga tak lepas dengan kualitas guru yang menguasai berbagai kompetensi seperti pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.
Untuk membantu memperjelas tujuan-tujuan pendidikan, melakukan evaluasi terhadap metode pendidikan, memberikan landasan dan sekaligus mengarahkan kepada proses pendidikan dibutuhkan yang namanya filsafat pendidikan. Filsafat pendidikan pada dasarnya menggunakan cara kerja filsafat dan akan menggunakan hasil dari filsafat, yaitu berupa hasil pemikiran manusia tentag realitas, pengetahuan dan nilai. Berfilsafat dan mendidik adalah dua fase dalam satu usaha dimana berfilsafat adalah memikirkan dan mempertimbangkan nilai-nilai dan cita-cita yang lebih baik, sedangkan mendidik ialah usaha merealisasikan nilai-nilai dan cita-cita itu di dalam kehidupan dan kepribadian manusia.
Dalam filsafat pendidikan, terdapat berbagai aliran mengenai makna sebuah realitas pendidikan, seperti rasionalisme, idealisme, realisme, materialisme, pragmatisme, eksistensialisme, progresivisme, esensialisme, perenialisme dan rekontruksionisme. Semuanya memiliki pengertian yang berbeda. Untuk penerapannya di sekolah tingkat atas, misalnya SMA menganut filsafat pendidikan rasionalisme karena materi yang diajarkan cenderung ditentukan melalui pembuktian, logika dan analisis yang berdasarkan fakta daripada dogma atau ajaran agama. Untuk MA menganut filsafat ideliasme karena materi yang diajarkan kebanyakan mengandung nilai-nilai moral yang diaplikasikan pada pendalaman ajaran agama. Sedangkan SMK menganut filsafat pendidikan materialisme yang tujuannya untuk perubahan fisik dan sulit untuk memilih bidang lain.
Pembahasan lebih lanjut mengenai sekolah tingkat atas yaitu SMA dan SMK mengingatkan kita pada fenomena pendidikan ditengah-tengah realitas bangsa Indonesia yang saat ini cukup menjadi perhatian. Dimana terjadi perbandingan antara SMA dan SMK. Prospek pada pendidikan SMA di orientasikan pada jenjang pendidikan tinggi sedangkan prospek pada pendidikan SMK adalah di orientasikan pada dunia kerja. Sehingga antara keduanya mampu untuk memberikan stigma yang berbeda antara SMA yang output-nya untuk lebih daripada kedalam teori dan bersifat akademisi dan di SMK pada tataran aplikasi dan menuju output kerja untuk aplikasi pendidikan teorinya.
Pasca SMA peserta didik tidak memiliki kredibilitas kerja karena tanpa didasari dengan aplikasi teori kerja, sedangkan lulusan SMK sudah bisa memasuki dunia kerja karena sudah memiliki skill dari teori pendidikan selama di bangku sekolah. SMA hanya berfokus pada bangku sekolah, tidak bisa menghasilkan lulusan yang mandiri dan siap kerja, sedangkan SMK mampu menghasilkan lulusan siap kerja mengadakan kerjasama dengan pihak pengurus tenaga kerja dan langsung terjun untuk implementasi pendidikan yang sudah dijalaninya.
Fakta yang ada akhir-akhir ini, menunjukkan bahwa pendidikan SMK dipandang sebagai anak emas yang mampu menyelesaikan problematika masyarakat. Tamatan SMK dituntut untuk bisa mandiri dan siap kerja tanpa harus melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi seperti halnya SMA. Hal itu membuat pemerintah tak segan-segan untuk memberikan bantuan dana. Selain itu, SMK juga lebih memberikan input yang bagus untuk kemajuan Indonesia. Seperti dibentuknya jurusan Pertanian di SMK yang bisa menjadi kunci utama keberhasilan Indonesia. Bagaimana tidak, meskipun Indonesia adalah negara agraris dengan kekayaan yang melimpah ruah, tapi kenyataan yang ada menunjukkan bahwa bidang pertanian Indonesia semakin melemah, terbukti semakin banyaknya ketergantungan masyarakat Indonesia dengan bahan pangan yang diperoleh impor dari luar negeri. Ditambah lagi peminat SMK pertanian di Indonesia terlihat menurun akibat adanya stigma bahwa pertanian adalah pekerjaan kasar, masyarakat bawah dan secara finansial tidak menjanjikan. Kondisi ini tentu saja memprihatinkan karena ekonomi negara tetap membutuhkan kemajuan pertanian, terutama untuk menopang ketahanan pangan.
Kebijakan pemerintah dalam membentuk dan mengembangkan SMK pertanian ini merupakan langkah awal yang paling efektif dalam menghasilkan sumber daya manusia yang ahli dibidangnya sejak dini. SMK Pertanian ini tetap berkomitmen ke depan agar setiap pelaku bisnis di bidang pertanian akan lebih meningkat, dan tetap berupaya akan menciptakan jumlah yang lebih banyak tentang kader agrobisnis yang tidak meninggalkan pertanian. Oleh karena itu, semua pihak yang terkait harusnya bisa meluruskan dan memperbaiki berbagai persepsi masyarakat yang menganggap bahwa pertanian di mata anak-anak muda kelihatannya tidak modern dan identik dengan orang miskin. Salah satu caranya yaitu pemerintah bisa menjanjikan lulusan yang ada tersalurkan ke perusahaan-perusahaan. Semakin banyak lulusan SMK yang mudah terserap di dunia kerja maupun mandiri, dengan sendirinya masyarakat bisa yakin soal keberadaan SMK pertanian. Bagi yang kurang mampu secara finansial, pemerintah bisa mengalokasikan beasiswa yang mengambil SMK jurusan pertanian. Selain itu, program kewirausahaan juga harus mulai diperkenalkan.
Sisi lain dari itu semua, tampaknya terjadi kontra dari berbagai sudut pandang. Misalnya jika dilihat dari segi psikologi anak SMK pertanian. Perkembangan pendidikan mereka dimulai saat masa remaja, yaitu usia 15-18 tahun, dimana sedang terjadi proses pencarian identitas dan jati diri. Mereka tertarik untuk mengetahui siapa dirinya, bagaimana dirinya, dan kemana ia menuju dalam kehidupannya. Dalam hal perkembangan karir, menurut teori perkembangan Ginzberg, umur 15-18 tahun berada diantara 2 fase perkembangan, yaitu fase tentatif dan realistik. Terjadi perubahan cara berpikir dari yang subjektif menuju pengambilan keputusan yang realistik dan mengeksplorasi lebih luas karir yang ada. Kondisi mereka tentunya masih labil dalam mengambil keputusan-keputusan yang tepat dan dewasa dalam bidang kehidupan. Mereka baru bisa dikatakan fokus hanya pada karir tertentu dan akhirnya memilih pekerjaan tertentu saat menginjak umur 20 tahun keatas. Jadi dikhawatirkan saat menjalani pertengahan proses pendidikan di SMK, peserta didik belum mampu mengambil keputusan yang matang dan tidak maksimal untuk memfokuskan diri pada pelajaran yang hanya menjurus disatu bidang pilihannya.
Selain itu, masa remaja dianggap terlalu dini untuk melangkah pada dunia kerja. Mereka hanya diajari lebih ke teknologi dari pada sosial. Apabila terus berlanjut, akan terjadi keterpaksaan dalam jiwa remaja. Mereka dihadapkan pada prospek kerja yang kurang jelas. Semua yang masuk SMK hanya bertujuan untuk mencari kerja belaka. Secara tak langsung membuat peserta didik seperti autis, karena hanya beranggapan inilah satu-satunya skill saya. Banyak terjadi ketidaksiapan alumni SMK dalam mengaktualisasikan ilmu yang telah diperoleh.
Jika dipandang dari segi budaya. Kebudayaan di SMK juga sangatlah minim karena hanya berkecimpung di dunia industri belaka. Cenderung mengikuti budaya pendidikan luar negeri yang dari kecil sudah diajari untuk fokus pada satu bidang. Pendalaman pengetahuan kebudayaan Indonesia sangat jarang diajarkan membuat semakin sempitnya wawasan anak didik tentang kebudayaan. Terjadi krisis kesadaran bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman sumber daya alam. Jika difokuskan pada satu bidang untuk mengolah satu sumber daya alam, yang lain pun akan terabaikan.
Selanjutnya, bukankah Indonesia dari dulu sudah dikenal luas sebagai negara maritim yang agraris? Budaya bercocok tanam pun sudah ada sejak zaman dahulu sebelum adanya sekolah formal yang mengajarkan bidang pertanian. Para petani secara otomatis bisa belajar dari alam tanpa harus mengenyam pendidikan pertanian yang membutuhkan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit.
Untuk mengatasi berbagai kontra yang ada, diperlukan pemahaman yang lebih mendalam. Bahwa pemerintah membuat kebijakan diadakannya program pengembangan SMK pertanian bukanlah tanpa sebab. Mewujudkan generasi yang benar-benar matang dibidangnya dan mengembangkan skill yang dimiliki peserta didik adalah tujuan utama. Apalagi Indonesia merupakan negara agraris, inilah yang justru menjadi sebab kenapa SMK pertanian begitu dibutuhkan untuk kemajuan Indonesia. Antara pertanian yang dulu dan sekarang pun berbeda. Jadi kemajuan pertanian juga bergantung pada didirikan dan dikembangkannya SMK pertanian. Peserta didik dilatih untuk menghasilkan produk pertanian berkualitas tinggi yang diminati pasar dan bisa diterima di supermarket. Untuk itu, mereka dibekali berbagai inovas terbaru dan ilmu pertanian modern yang sesuai dengan kondisi alam, iklim dan perkembangan zaman yang nantinya bisa langsung diterapkan hingga mendapatkan hasil yang baik untuk kehidupan. Hasil pertanian yang melimpah, bermanfaat dan digemari masyarakat pun bisa tercapai.
Petani Indonesia dituntut harus bisa mandiri dalam hal mengolah sumber daya alam sehingga dapat menghasilkan produk-produk alam asli Indonesia yang juga bisa dikonsumsi masyarakat Indonesia sendiri. Dengan target memanfaatkan sumber daya alam yang maksimal diharapkan dapat mengatasi kekurangan bahan pangan masyarakat Indonesia dan mengajak masyarakat mencintai produk pangan dalam negeri serta mengurangi ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap bahan pangan yang didapat impor dari luar negeri.
Di SMK pertanian juga tidak hanya diajarkan pada pengembangan skill saja. Peserta didik juga dibekali berbagai pengetahuan umum. Meskipun prioritas pembelajaran lebih ke pengembangan skill, tapi paling tidak itu sudah menjadi dasar mereka untuk menambah wawasan pengetahuan yang lain diluar ilmu tentang pertanian.

Menyoroti Sekolah Berstandar Internasional (SBI) dan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) di Indonesia


Pendidikan nasional Indonesia adalah suatu sistem yang mengatur dan menentukan teori dan praktek pelaksanaan pendidikan yang berdiri di atas landasan dan dijiwai oleh filsafat bangsa Indonesia yang diabadikan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia guna memperlancar mencapai cita-cita nasional Indonesia.
Dalam upaya memajukan pendidikan nasional Indonesia, tentunya tidak asing lagi ditelinga kita tentang kebijakan pemerintah mendirikant Sekolah Berstandar Internasional (SBI) dan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) yang mekanisme pelaksanaannya di Indonesia sesuai dengan UU pendidikan  no.20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional.
Latar belakang SBI sebenarnya dari sebuah sekolah di Jakarta, yang tujuannya untuk memfasilitasi keluarga dengan berbasic inggris, keluarga diplomat luar negeri dan kedutaan asing. Sudah jelas hanya untuk orang yang memiliki kemampuan biaya lebih untuk pendidikan anak. Namun sejarah dihembuskannya pelaksanaan SBI dan RSBI mulai diterapkan pada tanggal 6 agustus 2005 yang diadopsi dari university of Cambridge International Examination. Semua itu dilakukan untuk mengatasi problematika bangsa, untuk menyesuaikan taraf pendidikan tingkat Internasional yang di Indonesia sendiri ini masih jauh.
Pelaksanaan SBI dan RSBI mengacu pada pasal 50 ayat 3 UU tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang menyatakan : ”pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi sekolah yang bertaraf internasional.” Selanjutnya dalam pasal 61 ayat 1 PP No. 19 tahun 2005 tentang standar nasonal pendidikan dinyatakan : “Pemerintah bersama-sama pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan sekurang-kurangnya satu sekolah pada jenjang pendidikan menengah untuk dikembangkan menjadi sekolah bertaraf internasional. Jadi keputusan diterapkannya RSBI dan SBI ini sudah ada dan jelas landasan hukumnya.
Realita yang ada, baik itu dari media masa ataupun opini masyarakat menyatakan bahwa adanya SBI dan RSBI ini hanyalah sebuah bentuk diskriminatif terhadap masyarakat Indonesia. Yang dalam pelaksanaan terdapat unsur paksaan mulai dari biaya yang relatif sangat mahal dan juga penggunaan bahasa yang dipakai yaitu berbahasa Inggris yang tentunya dapat menghilangkan budaya berbahasa kebangsaan yaitu bahasa Indonesia. Fasilitas dalam sekolah SBI ataupun RSBI memang tidak diragukan lagi kelengkapannya. Tapi ini yang justru memerlukan banyak dana sehingga menjadi problematika. Penggunaan dana yang besar hanya untuk satu sekolah dan perlahan mengabaikan sekolah dengan mutu pendidikan yang masih rendah dan membutuhkan berbagai fasilitas untuk menunjang pembelajaran. Secara otomatis terjadi penyimpangan terhadap sila ke-5 pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
RSBI dan SBI juga sering terbukti sebagai alat pemeras belaka, sebuah otorita yang menarik biaya yang tidak realistis. Para orang tua murid harus membayar mahal kepada manajemen sekolah yang sangat jauh dari kualifikasi Internasional. SPP mencapai 1,5 hingga 2 juta perbulan. Padahal proyek ini menelan anggaran pemerintah mencapai Rp.200 juta per sekolah untuk SD, Rp.300 juta per sekolah untuk SMP, Rp.600 juta per sekolah untuk SMA, Rp.100 juta per sekolah untuk SMK, dan Rp.1 miliar hingga Rp.2 miliar untuk SMK investasi. Anggaran tersebut merupakan jumlah bantuan block grant untuk tahun 2010. Anggaran ini diperuntukkan bagi 1.172 RSBI dan SBI di Indonesia.
RSBI/SBI adalah proyek pendidikan yang menghancurkan tatanan pendidikan Nasional yang telah dibangun selama ini. UU No.20 Tahun 2003 adalah UU yang dimasuki pemikiran asing untuk memahalkan pendidikan Nasional sehingga banyak anak bangsa yang tidak dapat mengenyam sampai pendidikan tinggi.
Sisi yang paling menonjol dalam SBI dan RSBI adalah segi bahasa, yaitu menggunakan bahasa asing yang lebih tepatnya bahasa Inggris. Penerapan bahasa asing ini dianggap telah mengikis tradisi kebudayaan di Indonesia yaitu meninggalkan bahasa induk. Padahal bahasa Indonesia sudah dipatenkan dan digunakan sebagai bahasa keseharian Indonesia. Terjadi indoktrinasi  dan penyisipan budaya westernisasi, bertentangan dengan isi sumpah pemuda yang sangat menjunjung tinggi bahasa Indonesia.
Selama pembelajaran dipaksa menggunakan bahasa asing dianggap tidak rasional. Siswa yang rata-rata dalam fase remaja awal hingga akhir mendapat tuntutan harus menguasai semua materi pelajaran. Menggunakan bahasa Indonesia saja masih belum bisa mencapai target kesuksesan yang memuaskan, apalagi dengan berbahasa Inggris. Hal ini tentunya berdampak pada psikis remaja, dimana terjadi kecemasan yang berlarut dan mendalam. Mereka akan mengalami haps orientation atau ketidakberdayaan. Dalam teori behavioristik menyatakan bahwa jika seseorang sedang dalam perasaan tidak berdaya, maka kesuksesan pun tidak akan tercapai.
Salah satu pengawas pendidikan juga ada yang tidak setuju dengan program SBI dan RSBI. Indonesia begitu latta, cuma bisa meniru program pendidikan luar negeri, padahal belum tentu yang ditiru itu baik dan sesuai dengan kondisi Indonesia. Kebijakan itu menunjukkan bahwa Pemerintah Indonesia tidak percaya dengan pendidikan nasional yang telah lama berjalan. RSBI, SBI merupakan komersialisasi pendidikan menengah. Sebaiknya kelas SBI menjadi swasta saja diluar kelas reguler.
Dapat kita lihat bahwa keinginan dari para kepala sekolah untuk jadi SBI adalah untuk menghindar dari program BOS karena tingkat pengawasan yang tinggi sulit untuk korupsi, dalam SBI kepala sekolah dengan gampangnya menentukan uang sekolah SBI dengan alasan ruang ber AC serta kelengkapan lainnya. Padahal para gurunya tidak memenuhi kriteria guru Internasional, bahkan para guru masih belajar Bhs. Inggris dan sibuk buka-buka kamus. Bagaimana mungkin guru SBI mampu memberikan pengertian materi pelajaran dan begitu juga para siswa akan sangat sulit memahami pelajaran dalam bhs.Inggris yang kualifikasinya masih ditertawakan. SBI adalah program gengsi yang pasti akan gagal.
Dalam proses berjalannya SBI selama 2 tahun ini, akan sangat mempengaruhi degradasi kualifikasi pendidikan kita. Output yang dihasilkan pun juga masih relatif biasa saja dengan yang sekolah biasa, bahkan masih lebih baik sekolah pinggiran yang konsep pembelajarannya sesuai dengan keadaan Indonesia. Itu terbukti yang berhasil memenangkan kejuaraan olimpiade tingkat internasional kebanyakan dari sekolah biasa.
Kurikulum yang diterapkan dalam SBI ataupun RSBI adalah mengacu pada negara yang diadopsi. Seorang pengamat pendidikan internasional, Jack C. Richard mengatakan bahwa kurikulum merupakan filosofi, tujuan, desain, dan implementasi suatu program. Saat filosofi, tujuan, dan desain program diimpo, sebutlah dari Negara A, secara mentah-mentah yang terjadi adalah filosofi, tujuan dan desain program belumlah tentu sesuai dengan keadaan di Indonesia. Keadaan Negara A tidak akan pernah sama dengan keadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Apa yang membuat kita yakin filosofi itu dapat mentah-mentah diterapkan untuk anak-anak Indonesia yang sedianya menjadi generasi penerus kita? Apakah kita sadar, filosofi yang terbentuk akan mempersiapkan peserta didik kita sebagai manusia-manusia Indonesia yang semestinya akan berpikir global namun bertindak lokal? Sadarkah kita bahwa penerapan kurikulum asing sama bahayanya dengan penerapan idiologi asing jika tak pandai-pandai kita memilah isinya.
Setelah latah menggunakan kurikulum asing, maka beberapa sekolah menjadi korban mangsa penerbit internasional yang melakukan gerakan ekspansi ke Indonesia. Sasaran paling empuk sang penerbit asing adalah sekolah-sekolah yang kebingungan karena hanya diberi target 2 tahun untuk mempersiapkan diri menjadi Sekolah Bertaraf Internasional. Langkah gegabah yang diambil, tidak berhenti pada pembelian kurikulum, tapi memborong buku yang bertuliskan “ berdasarkan kurikulum negara A” dengan harapan penggunaan buku impor itu melegitimasi label “ Sekolah Bertaraf Internasional”. Apa yang terjadi? Guru kebingungan karena tak mengerti “jiwa” buku itu , atau malah jadi pening karena buku itu ternyata menggunakan bahasa pengantar bahasa asing. Celakalah jika kemampuan guru dalam bahasa asing benar-benar nol. Bagaimana bisa mengajar dengan buku impor itu? Jikapun ada guru yang mampu cas-cis-cus berbahasa asing, apakah siswanya siap diajarkan dengan buku impor? Jika diterangkan suatu konsep dalam bahasa Indonesia saja siswa masih kesulitan, bagaimana mungkin akan mengerti buku teks yang ditulis dalam bahasa asing? Jika kesulitan belajar di rumah, apakah orang tua bisa membantu?
Belum lagi masalah UUD: ujung-ujungnya duit. Materi impor sama dengan harga impor. Apakah siswa berkemampuan membayar? Jika tidak, apakah sekolah berhak memaksa? Apa urgensinya pemakaian buku impor di sekolah katakanlah di lereng bukit suatu kabupaten? Bersediakah kita mengorbankan kemampuan membayar orang tua siswa demi suatu gengsi disebut sekolah internasional karena mempergunakan buku dari Negara A? Bukankah akan terjadi diskriminasi kesempatan dikarenakan kemampuan membayar?
Dibalik itu semua, apabila kita mengutip dalam al-Qur’an surat ar-Ra’d ayat 11 yaitu:

Yang artinya : “...sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubah keadaan mereka sendiri...”
Ayat tersebut bisa jadi pegangan mengenai kebijakan diadakannya SBI dan RSBI. Jika ada anggapan bahwa Indonesia adalah negara tertinggal, maka inilah jawabannya. Konsep SBI menjadi salah satu jalan penyetaraan pendidikan internasional dan merupakan tuntutan pasar global yang nantinya bisa jadi solusi apabila kita ingin memperdalam ilmu, tidak perlu jauh-jauh kenegara lain, tetapi cukup dinegara sendiri yang setara dengan pendidikan luar negeri.
Bahasa asing yang berbeda tidaklah menjadi alasan utama atas kontra terhadap kebijakan SBI dan RSBI. Banyak pepatah  yang mengatakan bahwa jika kita menguasai bahasa, maka kita bisa menguasai dunia. Biaya juga bukanlah kendala, buktinya banyak sekolah pinggiran yang menjadikan SBI sebagai target kedepan, juga masih banyak orang desa yang berbondong-bondong ingin memasukkan anak meraka ke sekolah SBI. Pemerintah juga sudah menyiapkan beasiswa bagi anak berprestasi dan kurang mampu. Sistem SBI sudah sesuai dengan manajemen berbasis sekolah. Sekalipun jika ada penyelewengan dan otoritas yang tidak sesuai, itu bukan karena sistemnya, tapi karena human eror. Apabila pelakunya sudah menyeleweng dari tujuan utama, otomatis akan gagal meskipun sistem pengajaran sudah sesuai dengan konsep SBI.
Pemerintah sendiri juga bukan tanpa sebab dan tapa landasan hukum dalam merintis sekolah bertaraf internasional. Hal yang menjadi sebab salah satunya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia agar setara dengan negara-negara lain sehingga menghasilkan mutu lulusan yang memiliki daya saing tinggi di kancah internasional. Semangat pendirian SBI merupakan keinginan kuat bangsa ini untuk mengejar ketertinggalan kita dengan bangsa lain dalam hal kualitas sumber daya manusia. Sebagai bangsa kita ingin duduk sama rendah berdiri sama tinggi dengan bangsa maju lainnnya di dunia. Kita ingin keluar dari kelompok negara berkembang (negara tidak maju) yang sudah sangat lama disematkan kepada kita, dan entry point pentingnya adalah dengan terus menerus meningkatkan kualitas pendidikan kita. Kemunculan SBI kemudian diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang berkelas (berkualitas) nasional dan internasional sekaligus.
Menyikapi berbagai pro dan kontra yang ada tentang SBI dan RSBI, pada intinya seluruh elemen pendidikan (pemerintah, masyarakat, pengelola, dll) harus bisa meningkatkan kapasitas dan komitmennya untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Perubahan di dunia pendidikan bisa diterapkan melalui RSBI dan SBI yang mampu menjamin sebuah output yang memiliki kecakapan tinggi dan memberi kontribusi yang besar untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Namun apabila pendidikan dirasa masih saja kurang merata, kebijakan tersebut haruslah tidak dipaksakan. Sebagai acuan dalam merevitalisasi pendidikan lokal bisa mengutamakan international view dan standarisasi kultur pendidikan berbasis international yang tetap menjunjung tinggi kebudayaaan Indonesia.